Rabu, 15 Juni 2011

Ionizer Untuk Perawatan Air Kolam Renang

IONIZER UNTUK PERAWATAN AIR KOLAM RENANG

 
T :  
Bagaimana caranya berenang di air bebas kaporit ?
J :  
Tempo doeloe sampai sekarang pun  Indonesia mencampurkan kaporit di air kolam agar :
1.     Lumut mati
2.     Bakteri mati      
3.     Bau hilang
4.     Minyak hilang.

Sekarang NASA menciptakan alat bernama IONIZER bertenaga baterai untuk membunuh lumut dan bakteri didalam air, sehingga kita menghemat 80 % kaporit,  masih dibutuhkan 20% kaporit  yang tidak perlu disimpan di dalam air tetapi untuk diuapkan (semacam cuci baju) sesuai sifat kaporit yang mudah menguap hilang ke udara bebas.


T : 
Bagaimana harga dan kemudahan caranya dibanding cara lama ?
J : 
Kita hanya perlu mengganti dua buah logam (electrode) campuran logam-logam anti bakteri & lumut yang larut menjadi semacam uap air ion yang kebiru-biruan dan larut ke dalam air.  Electrode ini dipasang di pipa atau ditutup pompa yang mudah dicabut / pasang dan harganya jauh lebih murah karena lama larutnya logam menjadi ion, dibanding kaporit yang mudah menguap dan membuat karat serta merusak kesehatan. Ada sistim knop digital untuk mengatur jumlah ion yang masuk ke air, ion tidak dapat menguap di dalam air  (hemat)


T : 
Mengapa air yang  semula jernih tetapi mengandung besi/mangaan  akan merah kekuning-kuningan bila bercampur kaporit ?
J : 
Kaporit akan membuat reaksi warna karat  ke logam-logam besi / mangaan,  tetapi ion  sistim NASA  tidak merubah warna air dalam membunuh lumut dan bakteri.  Untuk kolam renang pribadi  dimana tidak terlalu banyak body lotion / minyak  dan tidak bau badan / air seni dan sistim filternya terpelihara, maka tidak diperlukan kaporit  jadi hanya diperlukan ionizer, anda akan segar berenang bebas kaporit  seolah berenang di air gunung.


T : 
Bagaimana cara pembuktian secara ilmiah dan secara praktek ?
J :

















T:
J: 
Anda dapat mengetest air keLaboratorium, atau mengestnya sendiri dengan alat test air untuk kadar besi / mangaan, kaporit  dan ion  yang tidak mahal.  Bila anda datang ke showroom kami maka akan terlihat jelas semua yang anda butuhkan, kami juga mengadakan jasa perawatan air kolam renang sistim NASA ini di Public Pool  seperti Apartemen Cassablanca, Puri Cassablanca dan di rumah-rumah pribadi  seperti  Bapak Adnan  Buyung Nasution  dan ……  masih banyak lagi. Bapak Adnan setuju bahwa uap kaporit merusak lingkungan udara dan Ion adalah sehat dibutuhkan manusia, tumbuhan dan hewan ternak, ikan malah subur makan air ion tapi mati kena kaporit, juga daun-daun yang disiram air ion akan terlapis  dan kutu/telur nyamuk akan  mati.
Logam-logam yang anti lumut & bakteri seperti tembaga, zink, aluminium dll mineral sudah terbukti mampu membunuh lumut & bakteri.
Air yang turun dari gunung yang tersimpan di mata air menjadi jernih anti bakteri & lumut bila melalui logam-logam mineral ini. Di kolam-kolam hias, uang-uang dari tembaga, zink, alumunium dan mineral-mineral tertentu akan menjernihkan air dari tumbuhnya lumut & bakteri.

Bagaimana pemakai ionizer akan yakin dengan janji berenang bebas kaporit?
Kami akan memasang ionizer  dikolam renang anda ,semula tetap dilakdsanakan pemasukan kaporit seperti biasa tiap hari, lalu setelah jumlah ion mencapai 0,3 mg/liter maka silahkan pemasukan kaporit  ke kolam distop dalam 3 hari , akan terbukti air tetap bening tidak berlumut dan tidak berbakteri . tidak mungkin ada kolam renang yg tidak diberi kaporit 3 hari, sehari saja tidak diberi kaporit maka air langsung hijau . Setelah 3 hari maka sedikit kaporit dibutuhkan untuk membuang minyak dan bau yg akan naik kepermukaan , sedikit kaporit akan menguap hilang bersama bau dan minyak, air akan tetap aman meskipun sedikit kaporit tadi menguap hilang karena didalam air sudah ada ion2 sejumlah 0,3 mg/liter.


THE HOWS AND WHYS OF IONIZATION


IONISASI MENAWARKAN ALTERNATIVE LAIN SELAIN BAHAN KIMIA UNTUK PERAWATAN KOLAM RENANG

System ionisasi dengan cepat mendapat pengakuan sebagai alternative untuk pengolahan air dari cara lama yang menggunakan Chlorine dan Bromine. Biaya bahan kimia dan kecemasan umum akan bahan-bahan kimia beracun cenderung meningkat, bersamaan dengan kecenderungan pemerintah untuk membatasi produksi, pengapalan, penyimpanan, penjualan, dan pemakaian kimia sanitasi. System ionisasi dengan elektroda (campuran metal) menawarkan biaya yang ringan, sehat dan aman lingkungan dari pada kimia sanitasi.

BUKAN KONSEP BARU
Pada zaman purbakala, air yang tidak steril dikenal sebagai salah satu sumber penyakit. Bangsa Yunani kuno menemukan suatu metal yang dikenal sebagai tembaga dan perak, yang mana dapat dipakai untuk menampung air supaya aman.
Pelepasan ion-ion dari metal tsb mensterilkan air di dalam wadah. Dengan teknologi saat ini, kita tidak hanya dapat mempercepat proses ionisasi, kita juga dapat mengendalikannya. Ahli-ahli kimia juga mengetahui bahwa logam-logam mulia adalah betul-betul dapat membunuh bakteri & virus di dalam air.

NASA MENCIPTAKAN TEKNOLOGI BARU
Lebih dari 2 dekade yang lalu, Pusat Penelitian Ruang Angkasa Johnson mengembangkan penyeterilkan air untuk pesawat ruang angkasa Apollo yang membutuhkan tenaga yang minim dan tanpa pengawasan. Satu atau lebih generator ion elektrolit ditaruh di beberapa lokasi ditempat supply air minum dan system pembuangan air Apollo. Generator-generator ini membebaskan ion-ion untuk cepatnya membasmi bakteri.
Gordon Mc. Feters, seorang ahli microbiologi di Universitas Montana State telah mempelajari system ini, system tersebut tidak saja menjaga air cukup bersih untuk berenang tetapi dapat juga untuk minum. NASA memberinya ijin untuk meneliti penggunaan dari system ini untuk menjaga air minum tetap steril di stasiun ruang angkasa.

IONISASI – PELEPASAN ATAU PEROLEHAN ELEKTRON
Ion adalah sebuah atom atau kumpulan dari atom-atom dengan cara pelepasn atau perolehan satu atau lebih elektron sehingga menghasilkan muatan listrik. Ionisasi adalah proses yang menyebabkan suatu elemen melepas atau memperoleh elektron. System ionisasi untuk pemurnian air melakukan proses ini dengan membuat arus listrik lemah DC (baterai) diantara 2 elektroda yang diletakkan sejalur di system sirkulasi. Ketika arus listrik dipasang pada elektroda, ion-ion ini membunuh ganggang dan bakteri. Juga, dengan muatan listrik ion, ganggang dan bakteri menggumpal atau membuat kumpulan, menyebabkan lebih banyak yang dapat tersaring oleh saringan dari pada air yang tidak dibersihkan dengan ionisasi.

PEMASANGAN ALAT SANGAT SEDERHANA
Elektroda-elektroda diletakkan sejalur dalam peralatan yang ada baik di bagian masuk atau bagian keluar pada system pompa.
Karena ketidakmutlakan untuk seluruh air untuk melewati ruang elektroda, Ionisasi dapat juga dipasang pada bypass sehingga hanya sebagian air melewati ruang elektroda.

PEMELIHARAAN JUGA SANGAT SEDERHANA
Total alkalinitas dan pH harus dijaga pada keseimbangan yang normal dengan konvensional. Seminggu sekali, kadar pada air tersebut harus ditest, menggunakan cooper test kit, kalau kadar ionnya terlalu rendah atau tinggi, maka ketidakseimbangan ini diperbaiki dengan mengatur Rheostat di pusat control yang disetel ditinggikan atau direndahkan.
Kadar ion juga dapat diatur dengan menambah / mengurangi running time dari system filter.
Suatu pembersihan dapat digunakan bila perlu ketika kejernihan air berkurang yang disebabkan oleh penimbunan partikel-partikel organik dan anorganik secara periodik. Dianjurkan agar menggunakan bahan clarifier yang non-corrosive, aman lingkungan yang khusus diformulasikan untuk penggunaan bersama system ionisasi supaya ion tidak terhilang dari system.

EFEKTIF SEBAGAI SANITASI
Elektrode yang terbuat dari mineral-mineral anti lumut & bakteri mempunyai sifat membunuh ganggang, jamur dan bakteri-bakteri. Sifat mematikan tsb efektif walaupun pada konsentrasi yang jauh di bawah standard baku pemerintah Amerika yaitu kadar mineral 1.0 mg/l.

Tidak seperti bahan-bahan kimia lainnya. Ion-ion ini tidak diserap melalui kulit. Mereka tidak berbau dan berasa serta tidak menyebabkan efek-efek yang tidak menyenangkan seperti iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

Kesulitan dalam menjaga kadar Chlorine atau Bromine pada tingkat yang aman dalam kolam – kolam dan spa-spa telah umum diketahui. Sinar ultraviolet dan temperatur tinggi menyebabkan ketidakefisienan disinfektan dengan bahan kimia. Ion-ion dan elektroda mineral anti lumut & bakteri tidaklah terpengaruh oleh sinar ultraviolet dan temperatur tinggi dan menawarkan daya sanitasi yang tetap. System-system ionisasi adalah lebih mudah dipelihara dan diatur dari pada Chlorine / Bromine untuk pembersihan air. Peralatan yang ada tidak rentan terhadap karatan seperti yang disebabkan oleh biosida ataupun Chlorine dan tidak merusak lingkungan.

Sebagai suatu metode dengan biaya yang ringan, sehat dan aman lingkungan dalam pembersihan air, system ionisasi dengan cepat mendapat pengakuan / dikenal sebagai alternative bagi pembersihan air tradisional yang menggunakan Chlorine dan Bromine.

BAGAIMANA DAN MENGAPA IONISASI ITU ?
Di hotel-hotel mewah dan mall-mall, pernahkah anda memperhatikan bagaimana bersihnya air di kolam air mancur “keberuntungan”? Uang-uang logam yang anda lempar ke dalamnya untuk “keberuntungan” lah yang semata-mata bertanggung jawab untuk kejernihan airnya. Tidak ada Chlorine atau obat sanitasi di dalam air. Uang–uang logam itu berbenturan dan memproduksi ion-ion anti lumut & bakteri dan menjadikan air jernih bersih. Sekarang prinsip yang sama dapat diterapkan pada kolam anda dan anda tidak perlu melemparkan uang-uang logam ke dalamnya.

Penyeterilan air Clearwater menggunakan teknologi yang sesungguhnya telah digunakan beribu-ribu tahun yang lalu.

Orang Yunani kunolah yang pertama-tama menemukan tenaga pembersihan dari mineral-mineral. Orang-orang Mesir menyimpan persediaan air mereka pada wadah-wadah terbuat dari logam mineral tembaga, zink, alumunium untuk mencegah kontaminasi. Para pendahulu perintis Amerika menuju Barat melintasi Benua menaruh koin-koin logam mineral ini  di tong-tong air yang besar untuk menyediakan air minum yang aman dalam perjalanan jauhnya. Ketika kereta berjalan, gerakannya menyebabkan koin-koin melepaskan ion-ion (partikel bermuatan listrik) dimana ion-ion membunuh ganggang dan bakteri.

NASA menggunakan prinsip yang sama di dalam pesawat ruang angkasa Appolo untuk mensterilkan air dengan mengembangkan sebuah pengionisasian. Ini memungkinkan para astronot untuk mempunyai air yang aman, bebas bakteri selama penerbangan panjang diruang angkasa. Mereka tidak mau menanggung resiko dengan membawa Chlorine ke sana.

Oksida-oksida dan sulfat-sulfat dari logam mineral anti lumut & bakteri digunakan untuk pestisida, algisida dan fungisida.

Dari teknologi ini, perusahaan pemurnian (penyeterilan) air kolam renang dikembangkan. Pada dasarnya, pemurnian bekerja dengan melewatkan arus listrik lemah, arus DC melewati satu set elektroda-elektroda yang dibuat secara spesifik. Elektroda-elektroda ini ditempatkan pada jalur system sirkulasi  dan dipasang sedikit terpisah dari yang lainnya. Aliran listrik menyebabkan beberapa atom-atom yang paling luar dari elektroda-elektroda melepaskan elektron dengan demikian menjadi ion-ion positip yang mana berusaha untuk mengalir melewati antara pompa & filter. Ada sebuah alat pengontrol khusus yang mengatur arus listrik lemah yang bervariasi ke elektroda. Jika kadar ion terlalu tinggi atau terlalu rendah kontrol dapat disetel sehingga digital display dapat menunjukkan bahwa arus listrik telah dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan jumlah yang dianjurkan.
Peralatan pengetest kadar ion yang kecil dan sederhana, termasuk dalam unit akan memberitahukan anda tentang pengaturan yang diperlukan.
Tingkat kadar ion tidak terpengaruh oleh sinar matahari, jumlah perenang, dsb. Jadi lebih sedikit test yang harus dilakukan dari pada bila menggunakan Chlorine. Pada umumnya kontrol tidak perlu sering diubah-ubah.
Apakah ion-ion aman untuk berenang?
Bahkan pada tingkat normal yang akan direkomendasikan, seseorang harus minum lebih dari 2 galon air kolam renang hanya untuk mendapat jumlah ion pada satu pil vitamin. Kadar ion mineral adalah salah satu elemen penting dalam pertumbuhan manusia yang sehat.
Air kolam renang anda akan dengan mudahnya melewati standard EPA untuk air minum.

Tanpa harus menggunakan Chlorine di kolam anda, anda akan memperhatikan airnya menjadi lebih jernih lagi. Sekali anda masuk ke kolam tanpa Chlorine anda akan segera merasakan perbedaannya.
Anda akan menghemat banyak uang dengan tidak menggunakan Chlorine.

Dengan pemurni (penyeteril) air kolam PRIMA Clearwater, anda dapat berenang bebas Chlorine sepanjang tahun tanpa mata menjadi  merah, pedih, sakit perut bila air kolam terminum, rambut keras / kering, pakaian  renang memutih dan bau Chlorine yang melekat pada tubuh anda & merusak pernafasan, kulit rusak/bibit kanker dll. Ahli kimia akan mendapatkan dengan system ionisasi ini, maka kadar Clhorine di kolam anda adalah nol tetapi air jernih dan sehat.



THE HOWS AND WHYS OF IONIZATION

TANYA – JAWAB MENGENAI IONISASI


APAKAH ION ?
Ion adalah atom atau kumpulan atom yang mempunyai muatan listrik. Atom adalah seperti system tata surya kecil dengan pusat di tengah dan satu atau lebih elektron mengorbit di sekelilingnya. Di dalam inti adalah partikel bermuatan positip yang disebut proton. Elektron bermuatan negatip. Atom biasanya mengandung jumlah proton dan elektron yang sama. Sebuah ion memperoleh muatan listriknya dengan cara melepas atau mendapat elektron-elektron. Jika itu mendapat tambahan maka disebut Anion, jika melepaskan elektron itu adalah ion positip atau dikenal sebagai Cation.

APAKAH IONISASI LOGAM MINERAL ITU ?
Proses yang menyebabkan suatu elemen memperoleh atau melepas elektron-elektron disebut ionisasi. Ionisasi logam mineral adalah proses pelepasan elektron dari ion-ion dan logam mineral ini.

BAGAIMANA IONISASI BEKERJA ?
Suatu arus listrik searah dengan voltase rendah dialirkan secara berganti-ganti melalui 1 set elektroda metallik yang diletakkan sejalur dengan system sirkulasi dan sedikit terpisah dari satu sama lain. Voltase menyebabkan beberapa atom terluar dari elektrode melepaskan elektron, sehingga menjadi ion-ion positip, yang mencoba mengalir melintasi ruangan diantara elektroda-elektroda, tetapi kenyataannya terbawa ke dalam sirkulasi air. Box kontrol komputer & elektroda sebaiknya diletakkan di ruang mesin, check valve disambung di pipa sirkulasi air. Box kontrol yang terpisah mensuplay arus listrik DC dengan voltase rendah ke elektroda.

BAGAIMANA IONISASI MENJERNIHKAN AIR
Telah terbukti bahwa ion-ion logam mineral anti lumut & bakteri dalam air menghalangi pertumbuhan ganggang serta membunuh bakteri dan virus. Elektrode terdiri dari Katoda dan Anoda yang dilapisi metal. Arus searah dengan voltase rendah (baterai) dengan tingkat milliampere dialirkan diantara katoda dan anoda. Arus listrik mengalir akan menghasilkan ion logam mineral ini. Karena air mengalir melalui ruang ion, banyak dari ion tersebut terbawa arus sebelum mereka mencapai sisi lain dari elektroda.

BAGAIMANA MENGONTROL JUMLAH YANG SESUNGGUHNYA DARI IONISASI YANG TERJADI ?
Jumlah dari ion yang dibebaskan dikontrol oleh Rheostat. Suatu transformer yang sudah disesuaikan merubah 110 atau 220 Volt arus bolak-balik menjadi arus baterai.

BAGAIMANA MENGETAHUI IONISASI SEDANG TERJADI ?
Sebuah test kit dapat mengukur jumlah yang tepat suatu ion di dalam air. Test cukup dilaksanakan selama seminggu sekali, test ini hanya beberapa menit saja. Setelah tetesan bahan kimia ditambahkan dalam tabung mini contoh air, anda bandingkan warnanya dengan bagan dalam test kit untuk menentukan tingkat kadar ionnya. Test ini disebut test Chlorimetric, test lain adalah dengan pulpen Total Desolved Solid (TDS), akan terbukti bahwa logam minreal yang ada adalah betul-betul akan larut ke dalam air dalam suatu ukuran mg/l.

BERAPAKAH TINGKAT ION YANG DISARANKAN ?
Batas yang disarankan adalah antara 0,20 dan 0,30 ppm. Jika terlalu rendah naikkan sedikit knop kontrolnya, jika terlalu tinggi turunkan knop kontrolnya. Bakteri-bakteri dan virus akan menyantap dan bereaksi dengan ion-ion ini dan akan mati lalu tersaring dan terbuang di filter (dengan adanya backwash ; maka tentunya akan perlu ion tambahan, dan sirkulasi berlangsung terus dengan praktis, NASA telah menghitung cara ini paling efektif & murah).

BAGAIMANA MEMBERITAHU BAHWA UNIT TERSEBUT BERFUNGSI ?
Box control mempunyai display digital dari jumlah muatan antara elektroda. Display angka menunjukkan “OFF” pada saat penyetelan paling rendah dimana ionisasi tidak terjadi.

SULITKAH MENGGANTI ELEKTRODA-ELEKTRODA ?
Sama sekali tidak. Apabila elektroda dipasang di pipa sirkulasi yang diperlukan adalah kunci pas dan beberapa taflon tape. Hanya dengan membuka elektroda yang telah aus (di dalam tutup) dari ruang ion dan diganti dengan set yang baru. Lilitan beberapa taflon tape di sekitar tutup untuk mencegah kebocoran. Bila elektroda dipasang di tutup pompa sirkulasi maka hanya membuka tutup pompa dan melepaskan baut elektroda dan dipasang lagi dengan set yang baru.

BERAPA KONSUMSI LISTRIK SEBENARNYA ?
Berdasarkan pada pengoperasian 8 jam per hari, biaya listrik yang dikonsumsikan oleh Pool Purifier akan kurang dari Rp.288.000,- per tahun.

BAGAIMANA PENGGUNAAN OZON DIBANDINGKAN IONISASI?
Memang benar bahwa penggunaan Ozon adalah sangat efektif untuk system pemurnian. Ozon bekerja dengan proses oksidasi. Sebernarnya, Ozon adalah bentuk yang stabil dari oksigen yang dikenal dengan nama O3. Kelemahan Ozon akan menghilang / menguap dalam waktu beberapa menit. Dengan kata lain, Ozon tidak bertahan lama di dalam air untuk mempertahankan kesterilan air. Oleh sebab itu, penggunaan Chlorine dan Bromine akan lebih disukai dari pada Ozon Dengan demikian pilihannya akan kembali lagi ke penggunaan bahan kimia. Sinar Ultraviolet & Reserve Osmosis, penyulingan, dll system yang beredar jelas adalah rumit & mahal untuk pembunuhan bakteri di dalam air, NASA telah mengadakan penelitian-penelitian bahwa system ionisasi ini adalah yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar